Headlines News :
Home » » Mengintip Bejalen, Desa Wisata Asri di Kabupaten Semarang

Mengintip Bejalen, Desa Wisata Asri di Kabupaten Semarang

Written By Infobreakingnews on Kamis, 07 April 2016 | 13.15


Ambarawa, infobreakingnews - Bejalen merupakan salah satu desa wisata yang berada di wilayah Kabupaten Semarang, 3 km dari pusat kota Ambarawa dan terletak berdekatan dengan Rawa Pening. Hal tersebut menjadi alasan mengapa Bejalen memiliki banyak potensi yang bisa digali diantaranya pariwisata. 

Dengan keunggulan dari sektor pariwisata, perekonomian masyarakatnya pun ikut meningkat. Wisata air dan wisata edukasi menjadi andalan desa ini, selain buah salaknya yang sudah terkenal sejak dahulu. Desa wisata Bejalen terdiri hanya 2 dusun, dengan jumlah KK ± 500, dan penduduknya 1.700 jiwa.

Nowo Sugiharto, anak bungsu dari 8 bersaudara, terlahir dari pesangan suami istri Kasmo (pensiunan TNI) dan Lasiyah, kelahiran desa Bejalen 12 Agustus 1972, terpilih sebagai Kades Desa Bejalen sejak dilantik 28 Desember 2006 hingga sekarang, periode I sejak tahun 2006-2012, periode II tahun 2012-2018.

Nowo Sugiharto, Kepala Desa Wisata Bejalen

Ayah dari 2 putra dan suami dari Siti Rokhmah ini sebelum menjadi Kades bekerja serabutan. Orangnya yang familiar, penuh canda dan bicara apa adanya. Desa Bejalen yang sekarang menjadi maju dan berkembang tak terlepas dari kepemimpinannya sebagai Kades yang asli putra daerah. Pembangunan yang merata di sudut-sudut desa sangat dirasakan masyarakatnya. Visi dan misinya ke depan tentang Desa Wisata Bejalen bahwa pariwisata tidak akan habis asal dikelola dengan benar, juga kesiapan SDMnya. 

Untuk ke depannya akan dibuat “Home Stay” di rumah-rumah warga. Wisata edukasi desa wisata Bejalen sering dikunjungi anak-anak sekolah dari sekolah internasional juga sekolah-sekolah ternama dari luar kota untuk mengetahui dan praktek secara langsung, berbaur dengan petani bagaimana bercocok tanam yang benar dan dengan nelayan tradisional mencari ikan dengan perahu di Rawa Pening.

Untuk wisata air, pengunjung bisa berkeliling Rawa Pening dengan menggunakan perahu motor wisata yang cukup bagus dan aman untuk ditumpangi. Para penumpangnya wajib mengenakan rompi yang sudah disediakan, dengan tarif yang terjangkau. Tak ketinggalan banyaknya para mancing mania dengan perahu tradisional yang setiap hari terlihat disini. Mereka tidak hanya mesyarakat Ambarawa dan sekitarnya saja, tapi juga dari luar kota.

Kades Nowo masih mengusahakan untuk terbentuknya BUMDes. Sehingga taraf hidup masyarakatnya pun ikut meningkat, juga rencananya untuk membuat souvenir khas dari Desa Wisata Bejalen. Nowo meminta dukungan dari berbagai pihak diantaranya media, pemerintah dan masyarakat agar mendukung Desa Wisata Bejalen agar kedepannya lebih maju dan berkembang. ***Budianto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved