Headlines News :
Home » » KPK Dalami Nama Nama Orang Kaya Indonesia Dalam Skandal Panama Papers

KPK Dalami Nama Nama Orang Kaya Indonesia Dalam Skandal Panama Papers

Written By Infobreakingnews on Kamis, 07 April 2016 | 17.49

Sandiaga Uno
Jakarta, infobreakingnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mempelajarii nama-nama orang kaya ternama Indonesia dalam dokumen "Panama Papers" yang merupakan hasil investigasi transaksi fiktif dan kejahatan keuangan dunia.
"KPK mempelajari nama-nama yang ada di dokumen itu," kata Komisioner KPK, Laode M Syarief kepada wartawan, Kamis (7/4).
Syarief mengakui, simpanan uang melalui bank offshore di luar negeri sering kali menyulitkan penegak hukum dalam memeriksa data keuangan seseorang. Tak hanya di Indonesia, kendala serupa juga dihadapi penegak hukum di luar negeri.
"Iya. Simpanan offshore salah satu kendala yang dihadapi penegak hukum. Bukan cuma di Indonesia, tapi penegak hukum di luar negeri," katanya.
Syarief mengatakan, lembaga penegak hukum termasuk KPK harus bekerja sama dengan negara lain untuk menyita aset seseorang di luar negeri jika terlibat pelanggaran hukum. Kerja sama tersebut dilakukan antara lembaga dan lembaga, maupun kerja sama antarnegara melalui hubungan bilateral dan multilateral.
"Jika jadi barang bukti, maka harus melalui kerja sama dengan aparat penegak hukum di luar negeri," katanya.
Panama Papers merupakan nama dokumen hasil investigasi Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ). Dokumen tersebut menguak praktik penghindaran pajak hingga pencucian uang para pimpinan politik dunia, bintang olahraga dunia, dan miliarder melalui Mossack Fonseca, firma hukum dari Panama. Panama Papers berisikan sekitar 11,5 juta dokumen laporan keuangan, paspor, korespondensi selama 40 tahun lebih dengan 214.000 perusahaanoffshore di 200 negara. Perusahaan offshore merupakan perusahaan cangkang yang didirikan untuk menghindari pajak di negaranya masing-masing.
Terdapat 2.961 nama individu ataupun perusahaan yang muncul saat kata kunci "Indonesia" dimasukkan. Selain itu, pada laman yang sama pun, muncul 2.400 alamat di Indonesia yang terdata dalam kolom "Listed Addresses". 
Cahirul Tanjung, CEO Trans Corp dan Sandi Uno, Calon Gubernur DKI Jakarta, merupakan dua nama pengusaha dari hampir tiga ribu orang Indonesia yang menyimpan uangnya di firma hukum Massack Fonseca, Panama. Dan dasyatnya lagi, fakta yang ada dalam skandal Panama Papers itu sulit bisa terbantahkan oleh siapapun,tak terkecuali bagi 12 pememimpin negara dunia yang masih berkuasa, apalagi bagi 23 mantan pemimpin negara yang menumpuk uangnya di firma hukum milik milyarder hitam Panama itu. *** Candra Wibawanti.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved