Headlines News :
Home » » Ching Bing Umum Yayasan Sosial Gotong Royong Ambarawa

Ching Bing Umum Yayasan Sosial Gotong Royong Ambarawa

Written By Infobreakingnews on Minggu, 03 April 2016 | 21.53

Pembina, pengawas, dan pengurus Yayasan Sosial Gotong Royong Ambarawa
Ambarawa, infobreakingnews - Minggu, 3 April 2016 halaman parkir pemakaman dan gedung krematorium dipenuhi oleh para peziarah, tamu undangan, dan umat khonghucu yang akan melaksanakan kegiatan sembahyang bersama untuk arwah leluhur. Acara Ching Bing bersama sudah dilaksanakan lebih dari 10 tahun belakangan ini. Yayasan Sosial Gotong Royong bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan kematian ini rutin mengagendakan tiap awal bulan april diantara tanggal 3 hingga tanggal 5.

Ching Bing artinya “Terang dan Cerah”, hari Ching Bing ialah hari suci untuk berziarah atau menyadran ke makam leluhur, disebut juga sebagai hari sadranan. Ada 3 saat penting untuk bersujud menyatakan bhakti kepada leluhur, yakni hari Ching Bing, hari Tiong Yang (15 Chiet Gwee), dan hari Menjelang Tahun Baru (Sien Cia). Kewajiban berziarah ke makam leluhur pada hari Ching Bing memiliki sejarah yang sangat tua, demikianlah pada bulan April dilakukan sembahyang Ching Bing kepada arwah yang telah mendahulu, dan semuanya ini hendaklah meneguhkan iman kita, satya melaksanakan Firman Tuhan. Perbuatan yang selaras dengan Firman itu akan banyak mendatangkan berkah, demikian makna hari sembahyang Ching Bing.

Prosesi Sembahyang Ching Bing
Ching Bing tahun ini menurut ketua panitia, Rudhy Handoko didampingi wakil ketua panitia Budi Sutrisno, pihak panitia sudah mengirimkan undangan pada para ahli waris sebanyak 4000 lembar. Sedangkan untuk jumlah pengunjung mencapai 5000 orang, sungguh luar biasa Ching Bing tahun ini, mengalami peningkatan ungkap Rudhy H.

Hadir juga tokoh masyarakat, Forkompimca dan tamu undangan lainnya. Camat Ambarawa Haris Pranowo dalam sambutannya menyampaikan perlunya memelihara tradisi leluhur dan menghormati orang tua serta para sesepuh kita yang sudah meninggal, tradisi ini jangan sampai ditinggalkan, ungkapnya.

Undangan tiap tahun bertambah, karena bertambah juga yang dimakamkan disini, dan taman makam abu yang terus berbenah. Harapan ke depan akan dibuat aula yang lebih besar hingga bisa menampung para tamu undangan dan umat yang berdoa disini. Yayasan Sosial Gotong Royong Ambarawa akan terus berbenah untuk pelayanan dan pengabdiannya untuk masyarakat. ***Budianto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved