Headlines News :
Home » » Presiden Jokowi Perintahkan Mendagri Untuk Hapus 3000 Peraturan Yang Menghambat Usaha

Presiden Jokowi Perintahkan Mendagri Untuk Hapus 3000 Peraturan Yang Menghambat Usaha

Written By Infobreakingnews on Rabu, 30 Maret 2016 | 11.41

Jakarta, infobreakingnews - Ternyata bukan saja rakyat dan pengusaha yang berkeluh kesah terhadap banyaknya peraturan dan sistem birokrasi yang tumpang tindih, sampai Presiden Joko Widodo sendiri mengeluhkan adanya sejumlah regulasi yang menghambat iklim investasi. 
Di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) misalnya ada 42 ribu peraturan. Di Kementerian Dalam Negeri ada 3 ribu peraturan daerah, hal ini sangat membuat perkembangan usaha menjadi sangat lambat.

Untuk itu Presiden memastikan bahwa semua peraturan yang dirasa menghambat itu akan dihapus, termasuk 3000 peraturan daerah yang ada di Kementerian Dalam Negeri. "Ini (regulasi) yang akan kita hapus, kita kurangi sebanyak-banyaknya. Saya sudah perintah mendagri yang 3.000 itu hilangi semuanya tahun ini," kata Presiden Jokowi pada pertemuan tahunan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Gedung Kartini Jakarta, Rabu (30/3).

Presiden Jokowi sudah perintahkan Mendagi Tjahyo Kumolo untuk segera menghapus 3000 peraturan yang bermasalah itu 


"Tidak usah dikaji, wong bermasalah kok dikaji lagi, bikin buang waktu dan buang banyak biaya lagi. Perda retribusi, perizinan, aneh-aneh. Semakin kita dalami semakin aneh, nggak usah dikaji," tegas Jokowi dihadapan ratusan pakar ekonomi yang hadir dalam acara itu.

Presiden mengaku sering terbentur dengan sejumlah peraturan saat akan mengambil sebuah keputusan. Sejumlah anggota kabinet juga sering terbentur dengan adanya peraturan menteri. 

Semestinya, kata Jokowi, peraturan presiden dan peraturan menteri bisa diubah agar keputusan bisa diambil secara cepat. "Peraturan kan  yang buat kita sendiri, (peraturan) diubah yang sederhana yang bisa cepat memutuskan," kata Jokowi yang berbicara tanpa teks, bahkan tanpa jas dan dasi sebegaimana seringnya tampilan Pemimpin Nasional dimasa lalu yang terlanjur membuat banyak peraturan yang membelit diri sendiri.*** Candra Wibawanti.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved