Headlines News :
Home » » Pemkab Tangerang Kucurkan Dana Bansos Bagi Ormas Dan LSM

Pemkab Tangerang Kucurkan Dana Bansos Bagi Ormas Dan LSM

Written By Infobreakingnews on Kamis, 31 Maret 2016 | 16.47

Kesbangpol Kab. Tangerang, Oesman Jayani dan dua nara sumber lainnya

Tangerang, InfobreakingnewsDalam Acara kegiatan Kesbangpol Kabupaten Tangerang yang bertajuk "Peningkatan Manajemen Organisasi Kemasyarakatan Berbasis program

Dihadiri lebih kurang 20 ormas dan LSM yang tiap masing-masing lembaga di wakili 3 orang perwakilan untuk ikut rapat dengar di ruangan pertemuan gedung kantor PU kab.tangerang.
Program mengenai Penjelasan serta Pengetahuan dan Wawasan tentang pemberian bantuan sosial Dana Hibah dan Banprov secara teknis kegiatan.


Kegiatan yang diketuai kepala kantor Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Oesman Jayani, dan Tamu undangan sebagai narasumber dari, sekretaris badan BPKAD kabupaten Tangerang, Tini sumartini, Kepala Bidang Kesbangpol Provinsi Banten, Drs.Dodo mulyadi,Msi dan Pakar Universitas Tirtayasa (Untirta) Dosen Fakultas ilmu sosial & ilmu Politik, Dr.Su'aib Amirudin,Msi.

Menurut Kesbangpol, Data Ormas/Lsm yang tumbuh di Kabupaten Tangerang semakin pesat dalam Angka pertumbuhan rata - rata mencapai 70% Ormas/lsm.


"Angka pertumbuhan untuk Ormas/Lsm yang terdata di Kesbangpol Kabupaten Tangerang mencapai angka rata - rata 70% sampai saat ini," terangnya pada awak media infobreakingnews.com , Kamis (31/3/2016).
"Berarti ini menunjukan bahwa keseriusan dan kepedulian masyarakat khususnya Ormas/Lsm dalam mengawal pembangunan semakin meningkat di kabupaten yang bermottokan menuju Tangerang Gemilang," tambahnya

Kabid Kesbangpol Provinsi mengatakan, "Untuk penyerapan Dana hibah pengajuannya menyangkut hanya pelaksanaan program kegiatan, sedangkan bansos/banprov hanya untuk mengetaskan kemiskinan, serta untuk kegiatan sosial yang bersumber dari dana hibah tidak berlaku untuk pembangunan kantor sekretariat, hanya berlaku untuk kegiatan sosial berupa sosialisasi, bakti sosial, dan program bintek ormas/lsm tersebut dan tidak lagi berlaku bagi Masyarakat luas," ungkap Dodo Mulyadi.

Menurut Dodo menjelaskan bahwa, Anggaran Banprov dan Dana Hibah yang mendapatkan harus berbadan hukum dan terdaftar di kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (kemenhukham) serta Surat keterangan terdaftar (SKT), pendataan dari Kesbangpol setempat,

"Betul, untuk anggaran Banprov dan Dana hibah harus berbadan hukum dari notaris dan terdaftar di Kemenhukham dan SKT Kesbangpol untuk pendataan sebagai Ormas/lsm yang berdomisili di daerah tersebut," Ucapnya.

Sedangkan menurut Pakar Universitas Tirtayasa (Untirta) Dosen Fakultas ilmu sosial & ilmu Politik, Dr.Su'aib Amirudin,Msi dalam kesempatan ini menjelaskan peran penting Ormas/Lsm dalam kehidupan bermasyarakat dan kelangsungan pembangunan adalah sebagai Mitra kerja, pengontrol kegiatan dalam percepatan pembangunan dari tingkat pemerintah pusat maupun tingkat daerah.

Su'aib juga mengatakan, "Ormas/Lsm harus ikut serta membantu dan membangun pemerintah dalam penyelenggara kegiatan dan sebagai jembatan bagi masyarakat dalam mengungkapkan aspirasi kepada pemerintah," ungkapnya.

Disisi lain, Sekretaris Badan BPKAD menjelaskan, di Kabupaten Tangerang hanya melaksanakan kegiatan bansos dana hibah saja, bukan bansos bantuan provinsi karena untuk kegiatan itu pengajuannya langsung ke Pemerintah Provinsi," 


Lebih lanjut, Titin Sumartini menambahkan, "Untuk penyerapan anggaran dana hibah di Kabupaten Tangerang sebesar 1,8 M yang diberikan pengajuan proposal kepada 37 Ormas/Lsm yang mengajukan dari Kesbangpol sudah di Sk.Bupati kab.Tangerang," tegasnya..

Disela akhir acara, Oesman Jayani meminta awak media untuk ikut mengawasi penyerapan anggaran dana hibah pada ormas dan lembaga yang melaksanakan kegiatan bansos dana hibah. "pengucuran dana ini tanpa ada pemotongan sedikitpun dari kesbangpol.."tegasnya dihadapan para wartawan. *** Johanda Sianturi.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved