Headlines News :
Home » » KPK Selidiki Keterlibatan Sejumlah Anggota DPR Terkait Korupsi Proyek Kempupera

KPK Selidiki Keterlibatan Sejumlah Anggota DPR Terkait Korupsi Proyek Kempupera

Written By Infobreakingnews on Rabu, 30 Maret 2016 | 11.09

Jakarta, infobreakingnews - Akibat besarnya jumlah uang yang dibagikan kepada sejumlah anggota DPR. penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bekerja mengusut kasus dugaan suap terkait proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera). Kasus ini telah menjerat lima orang tersangka termasuk dua anggota DPR, Damayanti Wisnu Putranti dan Budi Supriyanto, serta Dirut PT Windu Tunggal Utama (WTU) Abdul Khoir.
KPK menegaskan akan mendalami dan membongkar jaringan suap yang diduga melibatkan anggota DPR dan pengusaha lainnya ini.
Komisioner KPK, Laode M. Syarif mengatakan, pimpinan KPK selalu mendapat laporan perkembangan kasus ini setiap saat. Namun, KPK meminta setiap pihak untuk bersabar. Hal ini lantaran KPK ingin mengusut dan membongkar jaringan yang terlibat dalam kasus ini. Syarif berjanji, pihaknya akan mengungkap kasus ini. Termasuk dengan menjerat pihak lain yang terlibat. "Kami sepakat bahwa tidak mau membeda-bedakan orang," tegasnya.
Di satu sisi, KPK, kata Syarif, berupaya berhati-hati dalam mengusut kasus ini. Dikatakan Syarif, tidak semua pihak yang diperiksa KPK dipastikan terlibat atau memenuhi unsur tindak pidana korupsi.
"Tapi saat yang sama KPK tidak mau zalim. Belum tentu semua yang diperiksa di sini memenuhi unsur-unsur (tindak pidana korupsi). Sedang kami pelajari mudah-mudahan ada hasil yang cukup untuk melakukan tindakan-tindakan yang lain," jelasnya.
Diketahui, dalam mengusut kasus ini, KPK telah memeriksa sejumlah pihak. Setelah memeriksa sejumlah pejabat Kempupera, beberapa hari belakangan ini KPK intens memeriksa sejumlah anggota DPR. Pada Selasa (29/3) ini, KPK telah menjadwalkan memeriksa anggota Komisi V dari Fraksi PKB, Musa Zainudin, dan anggota DPR dari Fraksi PPP, Epyardi Asda serta anggota DPR dari Fraksi Hanura, Fauzih H. Amro.
Sebelumnya, pada Senin (28/3), penyidik KPK juga telah memeriksa anggota DPR dari Fraksi PDIP, Yoseph Umarhadi, anggota Komisi V dari Fraksi Gerindra, Mohamad Nizar Zahro, serta anggota Komisi V dari Fraksi PAN, Andi Taufan Tiro.
Berdasar informasi, selain Damayanti dan Budi yang telah menjadi tersangka dan ditahan, terdapat setidaknya sejumlah anggota DPR lainnya yang turut terlibat dalam kasus ini. Selain itu, terdapat seorang pejabat Kempupera yang turut menerima uang dari Abdul Choir. Sementara dari pihak swasta, terdapat sejumlah pengusaha yang bersama Abdul Khoir turut memberi uang kepada anggota Komisi V. *** Adriansyah Harahap.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved