Headlines News :
Home » » Walikota Solo Terpilih Merasa Senang Akan Dilantik Di Istana Presiden

Walikota Solo Terpilih Merasa Senang Akan Dilantik Di Istana Presiden

Written By Infobreakingnews on Rabu, 27 Januari 2016 | 10.43

Solo, infobreakingnews - Wali Kota Solo terpilih FX Hadi Rudyatmo menyambut baik rencana pelantikan bupati/walikota hasil pilkada serentak di Istana Negara. Menurut dia, pelantikan serempak yang dilangsungkan di Istana memiliki banyak makna.
"Ini akan menjadi suatu peristiwa bersejarah karena baru pertama kali bupati atau wali kota dilantik di Istana. Kami merasa bangga dan pengakuan sebagai kepala daerah tidak hanya sekadar normatif formal karena undang-undangnya begitu tetapi nyata dipraktekkan," kata Hadi Rudyatmo kepada infobreakingnews.com, Rabu (27/1/2016) di Solo.
Sahabat Jokowi ini menambahkan salah satu makna yang terpenting dari pelantikan yang yang dilakukan di Istana Kepresidenan adalah wujud konkret dari satu kesatuannya pemimpin daerah dengan pimpinan negara. "Ini merupakan perwujudan NKRI yang sejak otonomi daerah mulai terkoyak, " ujar dia.
Menurut Rudyatmo, tidak jarang karena merasa dipilih secara langsung dan pelantikannya dilakukan hanya dengan atas nama pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Dalam Negeri, kepala daerah merasa bukan bagian dari kepemimpinan nasional.
"Apalagi momentum kepala daerah sekelas bupati atau wali kota untuk bertandang ke istana dan bertemu langsung dengan presiden belum tentu bisa selama menjabat sebagai bupati atau wali kota," tambahnya.
Rudyatmo mengatakan sebaiknya nanti yang melantik bupati atau wali kota adalah mendagri yang selama ini didelegasikan ke gubernur. Sedangkan gubernur dilantik oleh presiden. "Untuk bupati walikota pelantikannya di istana dan disaksikan presiden saja sudah membanggakan," katanya.
Selain memiliki makna politik, Rudyatmo juga berpandangan pelantikan serentak di istana juga lebih efisien dan hemat. Menurut dia, yang diundang ke istana cukup pasangan calon terpilih disertai pimpinan legislatif. *** Yohanes Suroso.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved