Headlines News :
Home » » Selangkah Lagi KPK Akan Jadi Lembaga Tunggal Penanganan Kasus Korupsi

Selangkah Lagi KPK Akan Jadi Lembaga Tunggal Penanganan Kasus Korupsi

Written By Infobreakingnews on Jumat, 29 Januari 2016 | 13.09

Jakarta, infobreakingnews - Semakin mendekati kenyataan bahwa penangan kasus korupsi hanya dipegang oleh KPK, sehingga Polisi dan Jaksa tidak lagi harus tumpang tindih menangani kasus korupsi, karena selama ini bukan rahasia umum kalau rata rata para koruptor sangat merasa enak jika ditangani oleh jaksa atau polisi karena bisa leluasa bermain mata, karena kerasnya aturan yang ada pada KPK.
Sementara itu, Peneliti Pusat Studi Hukum dan Konstitusi (PSHK) Bivitri Susanti menilai wacana menjadikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga tunggal pemberantasan korupsi akan memperkuat posisi KPK dalam menjalankan tugasnya. Sebagai wacana, katanya idenya sangat bagus karena akan memperkuat KPK.
"Selama ini kan yang kita dengar hanya ada upaya melemahkan, membunuh bahkan membubarkan KPK. Adanya wacana ini membuat munculnya semangat memperkuat KPK," ujar Bivitri saat dihubungi, Jumat (29/1).
Wacana ini juga, kata dia mendorong kepolisian dan kejaksaan untuk mengoreksi diri sehingga bisa meningkatkan kinerja kerjanya khususnya dalam menangani kasus korupsi.
Secara substansif, lanjut dia, idenya sangat bagus karena kasus pidana terlalu luas. Menurutnya, jika KPK fokus pada kasus korupsi saja, maka kejaksaan dan kepolisian bisa fokus ke masalah lain, seperti terorisme dan tindakan kriminal lainnya.
"Apalagi KPK dalam tingkat mempidanakan koruptornya sangat tinggi," ungkapnya.
Selain itu, kata Bivitri, wacana ini akan memudahkan KPK memberantas korupsi di kepolisian dan kejaksaan. Tidak ada benturan lagi dalam membongkar kasus korupsi apalagi jika terkait anggota jaksa dan kepolisian terlalu kasus korupsi.*** Adriansyah Harahap.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved