Headlines News :
Home » » Mantan Menag SDA Di Vonis 6 Tahun

Mantan Menag SDA Di Vonis 6 Tahun

Written By Infobreakingnews on Selasa, 12 Januari 2016 | 08.53

Jakarta, infobreakingnews - Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) divonis enam tahun penjara dan denda Rp 300 juta, setelah dinyatakan terbukti korupsi dalam perkara penyelenggaraan ibadah haji hingga merugikan keuangan negara mencapai Rp 27 miliar dan 17 juta Saudi Real (SR) dan menyalahgunakan dana operasional menteri (DOM) untuk kepentingan pribadi dan keluarga mencapai Rp 1,8 miliar.
"Menjatuhkan hukuman dengan enam tahun penjara," kata Ketua Majelis Hakim Aswijon membacakan putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (11/1).
SDA dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan korupsi dengan menyalahi ketentuan pelaksanaan haji antara lain mengakomodir rekomendasi anggota Komisi VII DPR sebagai panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH), memperkaya diri dan orang lain penunjukan pemondokan dan katering jamaah haji di Saudi serta terbukti menyalahgunakan anggaran DOM 2010-2013 untuk kepentingan pribadi dan keluarga.
Hal itu diketahui setelah majelis memeriksa ratusan saksi antara lain Hasrul Azwar, Saleh Salim Badegel, Anggito Abimanyu, dan Ermalena juga mendengarkan pendapat ahli serta memeriksa bukti-bukti surat. Perbuatan SDA dianggap memenuhi dakwaan kedua Pasal 3 UU Tipikor.
Vonis yang dijatuhkan majelis lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut pidana penjara 11 tahun, denda Rp 750 juta, ganti rugi Rp 2,325 miliar dan pencabutan hak politik. Majelis menyatakan pencabutan hak politik tidak perlu dilakukan karena terdakwa selama menjabat Menteri Agama telah melakukan banyak kemajuan.
Menanggapi vonis dan pertimbangan hakim tersebut, SDA meyakini majelis hakim tidak memerhatikan fakta-fakta persidangan. Dirinya meminta waktu untuk pikir-pikir sebelum mengambil langkah hukum selanjutnya. Sikap serupa juga ditunjukan oleh jaksa KPK yang belum mau menyatakan sikap untuk banding. *** :Lina Marlina.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved