Headlines News :
Home » » Laporkan Pejabat Yang Mempersulit Perijinan Usaha

Laporkan Pejabat Yang Mempersulit Perijinan Usaha

Written By Infobreakingnews on Rabu, 16 Desember 2015 | 10.23

Kepala BKPM, Frangky Sibarani
Jakarta, infobreakingnews - Seiring zaman proses perijinan yang selama ini dirasa sangat bertele tele dengan banyak sindikat percaloan baik dari dalam maupun pihak luar, membuat pengusaha sangat lelah mengurus rencana berbisnis di Indonesia. Oleh karena itulah kini pemerinrahan Presiden Joko Widodo melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus melakukan perbaikan demham nama layanan izin investasi tiga jam yang akan secara resmi diluncurkan pada tanggal 11 Januari 2016. Peluncuran izin investasi tiga jam tersebut menandai layanan kepada investor dalam waktu tiga jam mendapatkan delapan produk perizinan dan satu surat booking tanah.
Kepala BKPM Franky menyampaikan bahwa dalam soft launching yang dilakukan pada tanggal 1 Desember 2015, pihaknya terus berupaya menyempurnakan layanan tersebut. “Dari segi sistem, prosedur, hingga perbaikan investment lounge akan dilakukan untuk menyambut peluncuran tanggal 11 Januari 2016 tersebut,” papar Franky kepada sejumlah media di Jakarta, Rabu (16/12.
Layanan izin investasi tiga jam dengan syarat investor datang sendiri dan dengan nilai investasi senilai Rp 100 miliar dan/atau memperkerjakan 1.000 orang tenaga kerja. Franky juga mengemukakan bahwa perbaikan layanan yang dilakukan merupakan salah satu bentuk upaya untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait penyederhanaan perizinan.
Produk-produk perizinan yang akan diberikan pada investor layanan izin investasi tiga jam adalah adalah izin investasi, nomor pokok wajib pajak (NPWP), akta pendirian perusahaan dan SK pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM, tanda daftar perusahaan (TDP), izin memperkerjakan tenaga asing (IMTA), rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA), angka pengenal importir produsen (API-P), dan nomor induk kepabeanan (NIK).
Apa yang dilakukan Frangky merupakan contoh dasar berskala besar yang masalah perijinannya bisa diselesaikan hanya dalam waktu singkat, cuma sekitar 3 jam saja. Mustinya hal ini bisa menjadi dasar perubahan kepada pihak terkait lainnya yang selama ini masih bertele-tele dalam memberikan ijin usaha dan lainnya. *** Ardiansyah Harahap.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved