Headlines News :
Home » » Mengungkap Kasus Balai Bibit Ikan Tulang Bawang

Mengungkap Kasus Balai Bibit Ikan Tulang Bawang

Written By Infobreakingnews on Jumat, 09 Oktober 2015 | 21.45

Tulang Bawang, InfobreakingnewsProyek pembangunan Balai Benih Ikan ( BBI ) Dinas Perikanan dan Kelautan Tulang Bawang di Kampung Lebuh Dalem menuai masalah, pembangunan BBI yang dimulai dari tahun anggaran 2014 tersebut sebagian berada diatas tanah atau lahan sengketa.
Turkan salah satu warga yang mengaku pemilik lahan seluas 9.450 m2 tidak menerima pembangunan proyek BBI dilanjutkan lantaran status tanah yang belum ada penyelesaian. Ironisnya Pada saat pembangunan pembuatan pagar BBI tersebut pihak Dinas Perikanan dan Kelautan melakukan pengrusakan Lahan singkong milik warga setempat yang menumpang dilahan milik Turkan.
Turkan Menjelaskan, setatus tanah itu saya beli dari saudara Aperil pada tahun 2008 dan ditanda tangani oleh  Kepala Kampung Lebuh Dalam pada waktu itu Bapak Hi. Hermansyah, TB. ”Jelasnya kepada infobreakingnews.com.
Turkan menambahkan, pada tahun 2013 tanah tersebut yang kondisinya masih blukar ditumpangi oleh saudara Buhari untuk ditanami singkong sampai dengan saat ini, kemudian pada tahun 2014 tiba-tiba tanah tersebut diklaim oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Tulang Bawang milik mereka dan tanpa musyawarah dan mupakat Dinas Perikanan dan Kelautan langsung membangun proyek Balai Benih Ikan di lahan tersebut.
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir. Meilan Azis, MM melalui Sekretarisnya Kennedi kepada infobreakingnews.com mengatakan, pembangunan proyek Balai Bibit Ikan Dinas Perikanan dan Kelautan Tulang Bawang yaitu atas perintah pak Bupati, Dinas Perikanan dan Kelautan tidak mau tau menau persolan tanah atau lahan karena lahan ini sudah bersertifikat dan kami berharap kepada masyrakat yang mengklaim tanah ini agar tidak menghambat proyek kami karena persoalan sengketa lahan bukan wewenang kami, ”ungkap Kennedi dengan nada bicara angkuh.”
Menanggapi persoalan sengketa lahan antara Dinas Perikanan dan Kelautan Tulang Bawang dengan Warga, Ketua LSM Jaringan Anti Korupsi (JAK) Andi Irawan Jaya berkomentar Dinas Perikanan dan Kelautan  Tulang Bawang agar tidak memaksakan diri untuk meneruskan proyek pembangunan Balai Bibit Ikan (BBI) diatas lahan sengketa karena hal tersebut  akan menimbulkan permasalahan baru dikemudian hari. "Ungkapnya kepada infobreakingnews.com."
Menurut Andi Irawan Jaya, bila Dinas Perikanan dan Kelautan mengetahui lahan tersebut belum jelas status hukumnya karena bersengketa, mestinya terlebih dahulu menyelesaikan dengan pihak-pihak warga masyarakat yang mengklaim lahan tersebut dengan cara melakukan pembicaran dan mediasi atau bisa juga melakukan penyelesaian perkara melalui gugatan perdata
Lebih lanjut andi mengatakan, Jika Dinas Perikanan dan Kelautan Tulang Bawang terus memaksakan diri melanjutkan pembangunan proyek BBI tersebut tanpa melalui proses penyelesaian sengketa terlebih dahulu maka dikhawatirkan Jika proses perkaranya naik dikemudian hari melalui gugatan perdata dan seandainya dimenangkan oleh warga masyarakat terus siapa yang harus bertanggung jawab dengan dana anggaran Pemerintah yang berjumlah Milyaran Rupiah untuk proyek pembangunan BBI tersebut...? 

Insya Allah dalam waktu dekat pihak kami akan beraudiensi dengan pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Tulang Bawang untuk memastikan kebenarannya, dan jika benar pihaknya akan mencoba mengingatkan Kepala Dinas Tulang Bawang agar secepatnya menyelesaikan sengketa tersebut agar dikemudian hari baik Pemerintah Daerah ataupun Masyarakat tidak ada yang dirugikan. "Pungkasnya. ***Handri
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved