Headlines News :
Home » » Para Terpidana Koruptor Pengen Melihat Samad Dan BW Satu Penjara Di LP. Sukamiskin

Para Terpidana Koruptor Pengen Melihat Samad Dan BW Satu Penjara Di LP. Sukamiskin

Written By Infobreakingnews on Jumat, 09 Oktober 2015 | 17.56

Jakarta, infobreakingnews - Ada rasa kecemburuan yang kental dari kalangan tersangka korusi maupun para koruptor yang sudah diadili atas pro kontra seputar desakan terhadap pemerintah agar menghentikan kasus mantan ketua KPK dan wakilnya, Abraham Samad dan BW kepengadilan.

Merasa sakitnya terhempas kandas ditangkap KPK, Sebanyak 18 tersangka korupsi yang yang diantaranya telah berstatus terpidana dan ditahan di Rutan Guntur meminta dua pimpinan KPK nonaktif Bambang Widjojanto (BW) serta Abraham Samad diadili dalam perkaranya masing-masing.

Para tersangka yang digawangi OC Kaligis sang pengacara senior itu menuntut adanya kesamaan di depan hukum.
"Kita tulis surat kepada Presiden karena kalau begini rusak hukum di Indonesia. Setiap (pimpinan) KPK mau dimasukkan (penjara), selalu mereka minta supaya jangan (dilakukan). Kalau enggak bersalah seperti kami-kami ini masuklah ke pengadilan," kata Kaligis kepada sejumlah media, sambil menunjukan petisi usai sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (9/10).
Dalam petisi yang tebalnya lima halaman dan bermaterai itu, para tersangka KPK di Rutan Guntur memohon kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar atas nama persamaan di depan hukum perkara Samad dan BW segera dilimpahkan ke pengadilan. Perkara BW dan Samad sendiri telah masuk tahap dua dan keduanya tidak ditahan.
Kaligis mengatakan, petisi tersebut bakal dikirim dalam bentuk surat ke Presiden Jokowi dengan tembusan Wakil Presiden, Ketua Mahkamah Agung, Jaksa Agung, Ketua DPR, Ketua Komisi III DPR, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM, Menteri Hukum dan HAM, serta para pimpinan partai.
Menurut para tahanan tersebut sebagaimana poin yang ada dalam petisi, BW dan Samad telah berpolitik dengan mengerahkan LSM dan cendikiawan agar perkara yang membelit keduanya tidak berlanjut hingga ke pengadilan.
"Bahwa kalau seandainya memang Bambang Widjojanto dan Abraham Samad merasa tidak bersalah semua upaya hukum dapat ditempuh antara lain praperadilan tidak sahnya penyidikan dan penuntutan, tidak melalui gerakan-gerakan masyarakat," bunyi petisi tersebut.
Adapun 18 tersangka yang menandatangani petisi tersebut adalah OC Kaligis, Tafsir Nurchamid, Waryono Karno, Mulya Hasjmy, Rusli Sibua, Ilham Arif Sirajudin, Sugiarto, Abdul Rouf, Rizal Abdullah, Suryadharma Ali, Heru Sulaksono, Antonius Bambang Djatmiko, Budi Antoni Aljufri, Dadang Prijatna, Made Meregawa, Jamaluddien Malik, Kasmin, dan Adriansyah.
Jumlah ini akan terus bertambah seiring waktu isu didalam penjara Sukamiskin Bandung yang dikhususkan bagi terpidana kasus korupsi. Mereka juga pengen melihat tampang kedua mantan pimpinan KPK itu bersebelahan selama beberapa saat menjalani masa hukuman seperti pada hidup didalam penjara yang pengap. *** Emil Foster Simatupang.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved