Headlines News :
Home » » Basrief : KPK Jangan Egosentris

Basrief : KPK Jangan Egosentris

Written By Infobreakingnews on Senin, 05 Oktober 2015 | 15.02


Jakarta, infobreakingnews - Merasa mulai banyak diragukan banyak pihak sesama insansi hukum, KPK mengundang eks Jaksa Agung Basrief Arief untuk dimintai saran dalam penyusunan rencana strategis pemberantasan korupsi 2015-2019. Basrief menyarankan agar KPK tak takut dengan perlawanan para koruptor.

"Kalau mereka fight back, kita will be back. Saya bilang kita harus selalu terus bersaing, yang penting tujuan kita penegakkan hukum secara benar. Nggak bisa kalau dibiarkan begitu saja akhirnya saya tidak tahu kapan ini bisa selesai berkaitan dengan pemberantasan korupsi ini, jadi saya kira itu kita terus melakukan yang terbaik melawan apa yang dilakukan koruptor," kata Basrief kepada infobreakingnews.com, dimarkas KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (5/10/2015).

Selain itu, Basrief juga menyarankan agar KPK fokus pada grand corruptionatau korupsi besar. Jangan lupa juga tentang usaha pencegahan korupsi yang juga harus terus ditingkatkan.

"Saya sarankan KPK untuk fokus ke grand corruption, saya sarankan seperti itu dan juga jangan hanya represif saja tapi pencegahan akan lebih penting karena kita melihat bahwa beberapa tahun terakhir ini KPK, Kejaksaan, Kepolisian terus represif, tapi kan terus saja, seolah-olah outcomenya apa? Jadi coba berpikir kembali, pencegahan ini dilakukan tapi bukan berarti represif tidak dilakukan, jadi itu simultan. Jadi antara preventif dan represif supaya dilakukan," jelasnya.

Soal hubungan antar lembaga penegak hukum juga menjadi perhatian Basrief. Tak elok jika masing-masing penegak hukum saling mengedapankan egonya.

"Saya katakan kita jangan egosentris, jangan ego sektoral di sana, ini harus ada kesetaraan. Kalau kita merasa lebih satu dengan yang lain, koordinasinya tidak akan berjalan. Nah dari pengalaman saya, kita jalan terus saja, Kapolri, KPK berjalan bersama melakukan sosialisasi terkait masalah penyidikan, semuanya berjalan secara baik, itu harus dilakukan lagi. Jangan sampai yang satu merasakan lebih dari yang lain, kita sama, tujuan kita satu bagaimana melakukan pemberantasan korupsi," tegas Basrief. 

Banyak pimpinan lembaga hukum lainnya merasa ketika KPK dizaman duet Sanad dan BW merasa sangat terpopuler sehingga berbenturan dengan pihak Polri dan lainnya, karena ingin menonjolkan KPK lebih dari yang lainnya. Inilah yang musti dirubah KPK dengan selalu koordinasi dengan pihak hukum lainnya. *** Candra Wibawanti C.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved