Headlines News :
Home » » Pembayaran Jalan Tol Seluruh Ruas Akan Menggunakan e-Toll

Pembayaran Jalan Tol Seluruh Ruas Akan Menggunakan e-Toll

Written By Infobreakingnews on Selasa, 01 September 2015 | 09.18

Jakarta, infobreakingnews – Tak lama lagi semua pemilik kenderaan yang menggunakan jalur tol tidak akan membayar dengan uang tunai seperti selama ini, karena semua ruas tol nasional yang dikelola badan usaha milik negara (BUMN) maupun swasta ditargetkan Kementerian BUMN dapat merampungkan implementasi uang elektronik (electronic money) pada akhir 2016. Adapun, keempat bank BUMN tengah bersiap menggarap pasar electronic toll (e-Toll) bersama.
Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, selain PT Jasa Marga (Persero) masih ada pengelola ruas tol lainnya. Kendati, ia mengiginkan, keempat bank BUMN dapat selesai menggarap seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga pada akhir 2015. Kemudian, tahun depan bank himpunan milik negara (Himbara) diharapkan dapat berpartisipasi menggarap e-Toll yang dikelola oleh perusahaan swasta.
“Akhir tahun 2016, seluruh jalan tol nasional harus pakai kartu (elektronik). Untuk itu, transaksi nontunai memang harus ditingkatkan. Jadi kerja sama bank Himbara dengan Jasa Marga ini, dapat menjadi semacam embrio agar kelak keempat bank dapat menghasilkan kerja sama transaksi nontunai yang lebih luas,” ujar Rini di sela acara penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) keempat bank BUMN dan Jasa Marga di Jakarta, Senin (31/8).
Menanggapi hal tersebut Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, keempat bank Himbara masih harus melakukan deal bisnis untuk dapat menggarap pasar e-Tolldi luar pengelolaan Jasa Marga. Namun, ia meyakini, hal tersebut dapat terealisasi. “Sedangkan, kalau terkait e-Toll Jasa Marga, sebelumnya hanya kami yang bekerja sama dengan mereka. Kendati, mulai sekarang sudah Bank Mandiri bagi dan buka untuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN),” jelas dia.
Sebagai informasi, Bank Mandiri merupakan bank yang memenangkan tender untuk penggarapan e-Toll yang dikelola Jasa Marga. Namun, Bank Indonesia (BI) telah mengimbau bank berlogo pita emas itu untuk tidak melakukan tindak monopoli. Untuk itu, pada 19 Juni lalu bank umum kelompok usaha (BUKU) IV itu bersama tiga bank BUMN lain melakukan uji coba implementasi pembayaran menggunakan uang elektronik di jalan tol Bali Mandara.
Saat ini, baik BNI, BRI, dan BTN baru sebatas melakukan MoU dengan Bank Mandiri maupun Jasa Marga. Sementara itu, untuk penggarapan e-Toll diharapkan dapat berjalan mulus pada sisa kuartal III dan IV-2015.
Selama ini jalan tol yang dibuat oleh PT Jasa Marga dan sekaligus pula perusahaan plat merah itu yang memungut uang tunai dipintu jalan tol, barulah mengelolah nya masuk kedalam rekening Bank Pemerintah setelah memotong banyak keperluannya, sehingga wajar jika sampai saat ini masih banyaknya ditemukan penyimpangan berbagai kasus penggelapan dan perawatan jalan tol yang semakin memburuk. 
Padahal masyarakat pengguna jalan tol sangat berharap ditingkatkannya sarana jalan tol yang berkwalitas seiring naiknya tarif tol yang berulang kali itu. *** Any Christmiaty.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved