Headlines News :
Home » » Kini Giliran Kakak Abraham Samad yang Bakal Dijadikan Tersangka

Kini Giliran Kakak Abraham Samad yang Bakal Dijadikan Tersangka

Written By Infobreakingnews on Kamis, 03 September 2015 | 18.18

Makassar, infobreakingnews - Hari ini, Kamis (03/09/2015), Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan menyatakan berkas dugaan pemalsuan dokumen yang menetapkan  Ketua KPK non aktif Abraham Samad dan Feriyani Lim sudah lengkap. Berkas keduanya dinilai sudah memenuhi syarat formil maupun materil sejak tanggal 31 Agustus 2015 kemarin namun baru diumumkan secara resmi hari ini.
"Berkas sudah dinyatakan lengkap baik secara formil maupun materil jadi bahasa hukumnya perkara ini sudah dinyatakan P21 ," kata Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sulsel M. Yusuf di kantornya, Kamis (03/09/2015). 

Terkait rencana pelimpahan tahap dua baik berkas maupun tersangka ke Kejati Sulsel, Yusuf mengakui yang berkompeten menjawab adalah penyidik kepolisian. 

"Silahkan tanya penyidiknya saja, kapan rencana tahap duanya ," ucapnya. 

Mengenai adanya penetapan tersangka berikutnya dalam kasus ini, Yusuf mengaku bahwa sudah ada seorang lagi yaitu Imran Samad, mantan Camat Panakukang, Makassar, yang tidak lain adalah kakak kandung Abraham Samad. "Surat pemberitahuan dimulai penyidikan (SPDP) nya sudah ada kita terima," katanya. 

Jika dilihat sejak awal, kasus ini bermula dari laporan Ketua LSM Lembaga Peduli KPK-Polri, Chairil Chaidar Said, ke Bareskrim Polri. Namun, karena lokus perkaranya berada di Makassar, Bareskrim kemudian melakukan pelimpahan penanganan perkara ke Polda Sulawesi Selatan dan Barat pada 29 Januari 2015.

Dari hasil penyidikan, Polda kemudian menetapkan Feriyani Lim sebagai tersangka pada 2 Februari 2015. Tidak terima, Feriyani lalu melaporkan Samad dan seorang rekannya bernama Sukriansyah Latief alias Uki ke Bareskrim dalam kasus serupa.

Selanjutnya, kepolisian melakukan gelar perkara di Markas Polda Sulawesi Selatan dan Barat pada 9 Februari 2015. Alhasil, Abraham Samad ditetapkan sebagai tersangka, namun Uki tidak ditetapkan tersangka. Status tersangka itu juga baru diekspos pada 17 Februari 2015.

Kasus ini menyeret Abraham Samad lantaran namanya tercantum dalam KK yang dipakai Feriyani Lim, saat mengurus paspor di Makassar pada 2007. Dalam dokumen itu, tertera Samad sebagai kepala keluarga dengan alamat di Jalan Boulevard Rubi II Nomor 48, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Makassar. Dalam perkara ini, kedua tersangka dijerat Pasal 264 ayat 1 subsider Pasal 266 ayat 1 UU 23/2006 juncto Pasal 93 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen‎. ***Any Christmiaty
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved