Headlines News :
Home » » Jurus Rizal Menggunakan Krisis Ekonomi Menjadi Peluang Bisnis

Jurus Rizal Menggunakan Krisis Ekonomi Menjadi Peluang Bisnis

Written By Infobreakingnews on Selasa, 01 September 2015 | 09.25

Jakarta, infobreakingnews - Menko Kemaritiman Rizal Ramli mengungkapkan bahwa krisis yang melanda perekonomian saat ini harus dimanfaatkan sebagai peluang.
Bagi Rizal, krisis dan peluang ibarat sisi mata uang. Karena itu, lanjut dia, Indonesia juga harus memanfaatkan momentum krisis untuk bertransformasi.
Dia mencontohkan, usahanya memanfaatkan kemahirannya berbahasa Inggris untuk menghasilkan uang kuliah dan biaya hidup. Sebelumnya, tutur dia, untuk membayar uang kuliah dia harus bekerja sebagai mandor percetakan.
Dia mengaku terpaksa cuti kuliah selama satu semester. Uang yang dihasilkan dari bekerja tersebut digunakan untuk membayar uang kuliah. Bahkan, kata dia, masih cukup untuk biaya hidup selama enam bulan.
Setelah uang tersebut habis, untuk menyambung hidup, Rizal bersama rekannya menjadi penerjemah bahasa Inggris. Dari sebelumnya membutuhkan waktu dua jam, Rizal dan rekannya kemudian hanya butuh 10 menit untuk menerjemahkan.
"Uang yang kami hasilkan dua malam bekerja cukup untuk satu minggu, cukup untuk sebagai aktivis, cukup untuk pacaran. Yang ingin saya katakan adalah, krisis itu momentum untuk berubah menjasi lebih hebat. Kesempatan melakukan transformasi. Tapi, kebanyakan pemimpin tenggelam bersama krisis," kata Rizal saat memberikan kuliah tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Budaya Maritim untuk Ketahanan Nasional Menuju Masyarakat Ekonomi Asea (MEA) kepada mahasiswa Universitas Mercu Buana di Jakarta, Senin (31/8).
Dia menambahkan, Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin Delano Roosevelt menjadi salah satu pemimpin terhebat di dunia karena mampu memanfaatkan krisis akibat Perang Dunia II. Roosevelt, kata dia, tidak hanya membangkitkan perekonomian AS yang sempat terpuruk. Bahkan, mampu mengalahkan negara-negara terkuat saat itu, yakni Inggris, Jerman, dan Perancis.
"Saya ingin Indonesia juga begitu. Menjadikan peluang ini untuk bertransformasi menjadi bangsa ang hebat. Caranya bagaimana? Harus berani melakukan bold initiatives," ujarnya.
"Tidak hanya biasa-biasa saja. Karena, masalah Indonesia ini sudah terlalu ribet. Benang kusut semakin ditarik semakin kusut. Jadi, harus dengan pendekatan out of the box dan yang tidak biasa untuk mengubah Indonesia," pungkasnya. *** Candra Wibawanti.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved