Headlines News :
Home » » Rizal Ramli Bahkan Tantang JK Debat Publik

Rizal Ramli Bahkan Tantang JK Debat Publik

Written By Infobreakingnews on Kamis, 20 Agustus 2015 | 07.14

Jakarta, infobreakingnews - Bukan Rizal Ramli namanya jika berubah sikap dari mengkritik keras kebijakan pemerintah yang dinilainya menyimpang, lalu menjadi diam duduk manis seperti kebanyak orang yang ketika dirinya sudah duduk menjadi pejabat teras di Kabinet Jokowi. Rizal bahkan tak perduli jika kritikan pedasnya membuat Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menjadi gerah bahkan tersudut.
Walau kemudian JK mengaku telah secara langsung menegur Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Rizal Ramli dalam sidang kabinet paripurna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu (19/8) sore.
Di hadapan semua menteri kabinet kerja, JK mengaku mengingatkan bahwa menteri harus disiplin dan mempunyai etika.
"Saya tadi sampaikan ke dia (Rizal) bahwa menteri tidak boleh begitu di sidang kabinet. Saya kira semua orang marah sama dia. (Dia) dimarahi," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Rabu (19/8).
Sebagai Wapres, JK menegaskan bahwa Ia memiliki hak untuk menegur dan mengingatkan bawahannya yang salah.
"Harus kembali disiplin. Harus menteri itu punya etika," tegas JK.
Namun, JK tidak menjawab respon Rizal Ramli atas teguran tersebut. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut setuju akan teguran itu.
Kendati demikian, JK enggan mengatakan kecewa atas keputusan Presiden Jokowi mengangkat dan melantik Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman.
Lebih lanjut, JK mengaku tidak ada upaya mediasi yang dilakukan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).
Seperti diketahui, Rizal Ramli adalah Menko Kemaritiman yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (12/8) lalu. Ia menggantikan posisi Indroyono Soesilo.
Namun, diawal masa jabatannya langsung membuat kontroversi dengan mengkritik kebijakan pemerintah mengenai pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt yang menurutnya terlalu sulit dicapai. Tampaknya Rizal benar benar ingin membaktikan dirinya untuk memajukan usaha rakyat yang selama ini tertekan oleh karena banyaknya kebijakan pemerintah yang membuat rakyat semakin sulit untuk bertumbuh. Apalagi Rizal yang terkenal sejak muda konsisten dengan gaya vokalnya yang tak memandang siapapun yang dikritiknya demi terhentinya pemborosan uang negara yang tidak menghasilkan secara realistis dilapangan.
Tak perduli walau baru sja diangkat menjadi seorang Menko,Rizal menilai bahwa proyek yang dicanangkan Jokowi selesai hingga 2019 itu tak masuk akal.‬Untuk itulah mulut Rizal yang sedari dulu tertekenal tajam dan lantang namun sangat membela kepentingan rakyat, tak mau berhenti diam, walau Jokowi sekalipun salah dimatanya.
‪"Saya akan minta Menteri ESDM dan DEN (Dewan Energi Nasional) untuk lakukan evaluasi ulang mana yang betul-betul masuk akal. Jangan kasih target terlalu tinggi tapi capainya susah, supaya kita realistis," ujar Rizal Ramli di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, belum lama ini.
Apalagi, lanjutnya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) tak mampu lagi membiayai seluruh proyek yang ditargetkan pemerintah itu lantaran investasinya yang besar. Sehingga, menggunakan dana swasta nasional dan asing.
Atas komentarnya itu, JK pun menegur Rizal dan meminta agar menteri barunya tersebut memahami dahulu persoalan yang ada sebelum mengkritik.
"Tentu sebagai menteri harus pelajari dulu sebelum berkomentar. Memang tidak masuk akal, tapi menteri harus banyak akalnya. Kalau kurang akal pasti tidak paham itu memang," ucapnya.
Kemudian, teguran tersebut malah ditanggapi dengan tantangan debat di depan publik oleh Rizal Ramli. Hebatnya justru tantangan Rizal ini tidak mampu diterima oleh JK sendiri. Kondisi seperti ini haruslah disambut baik, karena jika semua menteri kebanyakan yang tidak berani angkat bicara walau dilihatnya ada yanhg salah bahkan sangat tidak realistis sebuah gagasan pemerintah yang menghabiskan banyak dana. 
Justru banyak pakar menilai, bukan Jokowi salah memilih Rizal, tapi memang harus perlu orang seperti Rizal yang berani mengatakan yang salah adalah salah dan yang benar harus dibenarkan. *** Emil F Simatupang.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved