Headlines News :
Home » » Mantan Jenderal Tiongkok Divonis Penjara Seumur Hidup Akibat Terlibat Korupsi

Mantan Jenderal Tiongkok Divonis Penjara Seumur Hidup Akibat Terlibat Korupsi

Written By Infobreakingnews on Selasa, 11 Agustus 2015 | 12.45

Beijing
, infobreakingnews  -  Seorang mantan jenderal dari Angkatan Darat Tiongkok dijatuhi penangguhan hukuman mati atas beragam kejahatan, termasuk penyuapan, penyalahgunaan wewenang, dan penyelewengan dana publik.

Gu Junshan, nama bekas jenderal tersebut, ialah salah satu perwira militer tertinggi yang diadili sejak Presiden Xi Jinping memulai gerakan pemberantasan korupsi.

Sebagaimana dilaporkan BBC Lantaran divonis penangguhan hukuman mati, Gu tidak akan dieksekusi. Di Tiongkok, umumnya hukuman semacam itu berarti penjara seumur hidup. .
Diketahui  kantor berita Tiongkok, Xinhua, Gu dicopot dari jabatan wakil kepala bagian logistik pada 2012. Pangkat Gu, yaitu letnan jenderal, juga dicabut secara tidak hormat.
Baik aset-aset pribadi Gu Junshan maupun hasil kekayaan ilegal yang dia dapatkan disita negara .

Aksi pemerintah tak berhenti di situ. Baik aset-aset pribadi Gu maupun hasil kekayaan ilegal yang dia dapatkan disita negara.
Bahkan, pada 2013, tim penyelidik menyita koleksinya berupa patung emas dan minuman keras mahal dari kediamannya. Jumlah sitaan dilaporkan memenuhi bak empat truk.
Kasus Gu kemudian dilimpahkan ke pengadilan militer, April 2014 lalu. Bagi seorang perwira senior seperti Gu, hal itu sangat jarang terjadi.

“Pengadilan militer memutuskan jumlah suap yang diterima Gu Junshan sangat besar, dampaknya membahayakan, jumlah dana publik yang diselewengkan amat tinggi, dan rincian penyalahgunaan wewenang termasuk serius,” ujar seorang pejabat pengadilanm militer dalam pernyataan yang muncul pada laman Kementerian Pertahanan.

Sebuah komentar pada laman daring tersebut menyatakan, “Bagi semua kader di segenap tingkatan, ini adalah peringatan keras untuk diingat bahwa semua ‘pelicin’ yang diberikan kepada Anda hari ini adalah ‘bom’ yag akan menghancurkan Anda besok.”

Kasus Gu terkait dengan Xi Caihou, seorang mantan wakil ketua Komisi Militer Pusat dan anggota Polibiro.Pemerintah Cina mengatakan Xu mengaku menerima suap dengan balasan bantuan mempromosikan pangkat. Xu meninggal akibat kanker pada Maret lalu.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved