Headlines News :
Home » » Jika OC Kaligis Tak Mampu Memenangkan Prapradilan, Tamatlah Riwayat Sang Kondang Mulai Hari Ini

Jika OC Kaligis Tak Mampu Memenangkan Prapradilan, Tamatlah Riwayat Sang Kondang Mulai Hari Ini

Written By Infobreakingnews on Senin, 24 Agustus 2015 | 09.31


Jakarta, infobreakingnews - Akibat adanya perlakuan hukum yang kebablasan, dan tidak wajar dengan diberlakukannya sistim isolasi oleh KPK, maka pengacara kondang yang banyak melahirkan nama advokat ternama seperti Hotman Paris Hutapea dam sejumlah pengacara hebat, melakukan gugatan praperadilan.

Untuk itu, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Senin (24/8/2015) akan memutuskan gugatan praperadilan yang diajukan pengacara senior Otto Cornelis Kaligis (OCK). Sidang yang dipimpin hakim tunggal Suprapto dengan agenda pembacaan putusan, akan digelar di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Sidang akan dilanjutkan pada Senin (hari ini), 24 Agustus 2015 dengan agenda pembacaan putusan," ujar hakim tunggal Suprapto saat menerima kesimpulan dari pemohon dan termohon di ruang sidang utama PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jumat, 21 Agustus kemarin.

Kaligis melalui kuasa hukumnya selaku pemohon dan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) selaku termohon, telah menyerahkan kesimpulannya secara tertulis kepada Suprapto. Kuasa hukum Kaligis bersikeras, jika penangkapan serta penetapan dan penahanan yang dilakukan terhadap kliennya tersebut tidak sesuai dengan prosedur hukum.

Begitu pun KPK, melalui biro hukumnya berpendapat jika proses penangkapan serta penetapan tersangka hingga penahanan sudah sesusai.

Kaligis resmi mengajukan gugatan praperadilan tersebut ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 27 Juli. Praperadilan Kaligis terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor register 72/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel.

Selain mempermasalahkan penangkapan dan penetapan tersangka, kuasa hukum Kaligis juga mempermasalahkan adanya isolasi terhadap ayah dari artis Velove Vexia tersebut. Hingga meyebabkan hak-hak dasar Kaligis yang seharusnya dapat bantuan hukum, bertemu keluarga dan advokat tidak bisa dilaksanakan.

Kaligis resmi menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim PTUN Medan. OC Kaligis diduga melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a dan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2010 jo Pasal 64 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1 KUHPidana. 

Namun banyak pakar hukum dan pemerhati yang menilai jika ternyata PN Jaksel menolak gugatan OCK, maka selanjutnya Pengadilan Tipikor segera menggelar persidangan yang sangat menjadi perhatian dunia hukum ini, dimana OCK yang ternama dan sepanjang kariernya banyak menangani kasus besar dan sudah kaya raya itu, akan tamat riwayat pengacara kondangnya, karena uisanya yang sudah sangat tua dan berpenyakitan itu harus mendekam didalam sel tahanan LP Sukamiskin Banndung dalam waktu yang lama. *** Any Christmiaty.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved