Headlines News :
Home » » Pertarungan Artis Menghadapi Incumbent Rebut Jabatan Gubernur Jambi

Pertarungan Artis Menghadapi Incumbent Rebut Jabatan Gubernur Jambi

Written By Infobreakingnews on Selasa, 28 Juli 2015 | 07.02

Zumi Zoelva

Jambi, infobreakingnews - Hasan Basri Agus secara resmi meninggalkan rumah dinas Gubernur Jambi ke rumah pribadi kendati masa jabatannya sebagai Gubernur Jambi baru berakhir pada Senin (3/8) pekan depan. Hasan Basri meninggalkan rumah dinas lebih awal menyusul pendaftarannya menjadi bakal calon gubernur (balongub) Jambi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, Senin (27/7).
Dalam acara halalbihalal dengan jajaran pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Senin (27/7), Hasan Basri mengatakan keputusannya meninggalkan rumah dinas lebih awal dimaksudkan agar dirinya dapat lebih terfokus mempersiapkan diri menghadapi pilgub, Desember mendatang. Selain itu, Hasan Basri tak ingin dirinya dinilai  berbagai pihak memanfaatkan fasilitas pemerintah.
"Masa tugas saya sebagai Gubernur Jambi memang baru berakhir 3 Agustus 2015. Namun, saya ingin lebih fokus mempersiapkan diri menghadapi pilkada serentak dengan tinggal di rumah pribadi. Saya juga tidak ingin ada pihak yang menganggap saya memanfaatkan fasilitas pemerintah menghadapi pilkada. Karena itulah saya lebih awal pindah dari rumah dinas,” ujarnya.
Pilgub Jambi pada 9 Desember mendatang dipastikan hanya diikuti dua pasangan calon. Kepastian itu diketahui karena hanya ada dua pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur (balongub dan balonwagub) Jambi yang mendaftar ke KPU Provinsi Jambi, Senin (27/7).
Kedua pasangan tersebut adalah Hasan Basri Agus (calon patahana Gubernur Jambi) dan Edi Purwanto (Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI-Perjuangan Provinsi Jambi), dan pasangan Zumu Zola (Bupati Tanjungjabung Timur) dan Fachrori Umar (calon patahana Wakil Gubernur Jambi).
Berdasarkan berkas pendaftaran yang diserahkan ke KPU Provinsi Jambi, kedua pasangan dinilai memenuhi syarat untuk maju menjadi cagub dan cawagub Jambi periode 2015 – 2020.
Pasangan Hasan Basri dan Edi didukung 4 parpol, yakni Partai Demokrat, PDIP, Gerindra, dan PKS, yang total memiliki 25 kursi atau 45,45 persen dari jumlah kursi DPRD Provinsi Jambi.
Sementara, pasangan Zumi Zola dan Fachrori Umar juga mendapat dukungan dari 4 parpol, yakni PAN, PKB, Nasdem, Hanura dan PBB, yang memiliki 18 kursi atau 21 persen dari jumlah kursi di DPRD Provinsi Jambi.
Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi mengatakan, berdasarkan verifikasi administrasi, kedua pasangan balongub dan balonwagub yang mendaftar memenuhi syarat menjadi peserta Pilgub Jambi Desember nanti.
Menurut peraturan KPU, bakal calon kepala daerah yang berhak mengikuti pilkada serentak harus mendapat dukungan beberapa partai politik yang memiliki sedikitnya 20 kursi di DPRD.
Pelaksanaan pendaftaran balongub dan balonwagub Jambi di KPU Provinsi Jambi, Senin (27/7) berlangsung tertib. Kendati kedua pasangan balongub dan balonwagub Jambi mengerahkan ribuan pendukung ke KPU Provinsi Jambi, proses pendaftaran berlangsung aman.
Pasangan Zumi Zola dan Fachrori yang diarak menggunakan atraksi Reog ponorogo mendaftar ke KPU Jambi pada Senin pagi. Sedangkan, pasangan Hasan Basri dan Edi Purwanto mendaftar keesokan harinya menggunakan sado.
Sementara itu jajaran kepolisian resor kota (Polresta) dan kepolisian daerah (Polda) Jambi tetap melakukan pengamanan ketat pendaftaran balongub dan balonwagub Jambi di KPU Provinsi Jambi.
Kabid Humas Polda Jambi, Komisaris Besar (Kombes) Pol Almansyah mengatakan, jumlah personil polisi yang diterjunkan mengamankan proses pendaftaran balongub dan balonwagub Jambi ke KPU Jambi, Senin (27/7) sekitar 954 orang.
Pengamanan tidak hanya dilakukan di kantor KPU Jambi, tetapi juga di jalan yang dilalui konvoi pasangan balongub dan balonwagub menuju kantor KPU setempat. *** Dwi Shinta.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved