Headlines News :
Home » » Hubungan dengan Turki Meregang, Beijing Keluarkan Travel Warning

Hubungan dengan Turki Meregang, Beijing Keluarkan Travel Warning

Written By Infobreakingnews on Selasa, 07 Juli 2015 | 15.18


Istanbul, infobreakingnews.com - Akibat insiden penyerangan terhadap turis Tiongkok yang terjadi pada saat berlangsungnya demo anti-China di Turki minggu lalu, Pemerintah Beijing melalui situs resmi Kedutaan Besar China di Turki akhirnya mengeluarkan travel warning bagi para warganya.
Seperti dikutip dari CNN, dalam pernyatannya di situs Kedutaan China, pihak Beijing meminta warganya untuk berhati-hati, hindari keluar jalan sendiri dan tidak mendekati dan mengambil gambar orang-orang yang berdemonstrasi. 

Hubungan China dan Turki merenggang setelah adanya larangan bagi warga Uighur untuk melaksanakan ibadah ramadan di China oleh pemerintah Tiongkok. Turki, yang merasa punya kesamaan budaya dengan Uighur memprotes kebijakan China tersebut. Protes anti-China yang dilakukan oleh warga Turki salah satunya dengan membakar bendera China. 

Saat demo berlangsung, televisi Turki memperlihatkan polisi mencoba melerai aksi mereka. Para demonstrator tampak sedang hendak mengganggu turis perempuan bermuka Asia Timur. Dalam rekaman tersebut turis tersebut membela diri, "Saya bukan China! Saya Korea!"

Koran-koran Turki melaporkan restoran 'Happy China' di Istanbul dirusak oleh sekelompok orang yang dipercaya sebagai kelompok anti-China. 

Minggu lalu, Turki mengirimkan nota diplomatik kepada China mengenai laporan pelarangan puasa untuk warga Uighur di Xinjiang, namun China  telah menyangkal telah memberikan larangan tersebut. Juru bicara luar negeri China, Hua Chunying, meminta Turki untuk menghormati kedaulatan negerinya. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved