Headlines News :
Home » » Warga Kampung Banjar Agung korban dugaan Malpraktek Puskesmas Unit II

Warga Kampung Banjar Agung korban dugaan Malpraktek Puskesmas Unit II

Written By Infobreakingnews on Selasa, 16 Juni 2015 | 22.06


Banjar Agung Tulang Bawang, infobreakingnews. Pelayanan Puskesmas unit II Kec. Banjar Agung amburadul, diduga oknum dokter umum yang bertugas di Puskesmas tersebut melakukan malpraktek terhadap salah satu pasien yang bernama Rohmah (60 th) warga Kampung Banjar Agung Kec. Banjar Agung Tulang bawang. Pasien tersebut mengalami bengkak pada bibirnya akibat salah obat yang dilakukan oleh sang dokter umum tersebut.

Menurut Eviriani (38 th)  menantu dari Rohmah yang merupakan wartawan dari salah satu media cetak di Tulang Bawang menuturkan, terjadinya dugaan malpraktek berawal dari mertuanya sakit pinggang dan sakit kepala bagian belakang. ” Awalnya mertua saya sakit pinggang dan sakit kepala dibagian belakang, kemudian saya periksakan mertua saya ke Puskesmas unit II dan ditangani oleh dokter umum yang saya ngak tau namanya, tanpa melalui uji laboratorium dan test kesehatan lainnya dokter tersebut menyimpulkan ibu mertua saya mengalami penyakit gejala ginjal dan penyakit maag dan sang dokter langsung memberikan beberapa jenis obat kepada mertua saya.” Ucapnya.

Lebih lanjut Evi menjelaskan, setelah mertua saya mengkonsumsi obat yang diberikan dokter umum tersebut mendadak mertua saya mengeluhkan badannya gatal-gatal dan mengeluarkan bentol-bentol seperti gigitan serangga. Setelah obatnya habis dikonsumsi mendadak wajah dan bibirnya menjadi bengkak. Setelah itu saya bawa kembali mertua saya ke puskesmas tersebut. Ibu mertua saya dipriksa dokter yang berbeda, namun hal serupa terjadi kembali sang dokter tanpa melalui uji Leb dan test kesehatan lainnya langsung menyimpulkan mertua saya alergi obat dan sang dokter langsung memberikan beberapa jenis obat. Karena saya kawatir penyakit ibu saya tambah parah obat tersebut tidak saya ambil dan ibu saya langsung saya bawa pulang dan kami kompres bagian yang gatal dan bengkak dengan air hangat.” Ungkapnya.”

Evi menambahkan, saya sangat berharap Kepada Pemerintah daerah Tulang Bawang atau Dinas Kesehatan Tulang Bawang agar mengambil tindakan tegas kepada oknum dokter umum tersebut dan Kepala Puskesmasnya unit II Banjar Agung karena kelalaian mereka mertua saya menjadi korban, untung saja masih sekedar gatal-gatal dibadan dan bengkak pada wajah dan bibirnya, gimana kalau sampai lebih parah dari itu. Diharapkan juga kepada dokter-dokter yang bertugas melayani kesehatan masyarakat agar kiranya sebelum menyimpulkan penyakit pasiaen dan memberikan obat kepada pasien supaya untuk dilakukan test laboratorium agar bisa memastikan apa penyakit yang diderita pasien sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena ini bukan hewan yang bisa di uji coba dengan berbagai obat.”Pungkasnya.”

Kasubag TU Puskesmas unit II Banjar Agung A. Reza Al Kaunin kepada infobreakingnews.com menerangkan kalau pasien mengalami alergi obat. Saya juga sudah koordinasi dengan Kepala Puskesmas dan menurut Kepala Puskesmas Silahkan kalau keluarga pasien mau menempuh upaya apapun karena itu hanya alergi obat saja bukan kelalaian. ”Jelasnya secara singkat.”

Sebelumnya infobreakingnews.com pernah memberitakan masalah pelayanan Puskesmas unit II yang kurang maksimal. ”Pelayanan kesehatan  24 jam yang maksimal bagi masyarakat sangat dibutuhkan terutama di Puskesmas dan Rumah Sakit umum milik pemerintah, apa lagi mengingat ekonomi masyarakat saat ini sedang terpuruk khususnya bagi masyarakat petani. Namun hal tersebut masih jauh dari harapan masyarakat pasalnya masih banyak pelayanan-pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang memberatkan seperti yang terjadi di Puskesmas Tulang Bawang 1 unit ll Kecamatan Banjar Agung, para pasien mengeluhkan stok obat yang tidak mencukupi sehingga pasien kerap kali diberikan resep oleh dokter untuk membeli obat diluar Puskesmas.

Seperti yang diungkapkan salah satu pasien Zalado kepada infobreakingnews mengatakan bahwa pasien rawat inap di Puskesmas Tulang Bawang 1 unit ll obatnya banyak beli diluar sehingga para pasien kelabakan, sementara mayoritas para pasien rawat inap Puskesmas Tulang Bawang 1 unit 2 banyak yang kurang mampu.***Handri
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved