Headlines News :
Home » » Polri Usut Indikasi Kerugian Negara di KPU

Polri Usut Indikasi Kerugian Negara di KPU

Written By Infobreakingnews on Selasa, 23 Juni 2015 | 15.05

Jakarta, infobreakingnews  - Mabes Polri siap menyelidiki apabila Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan hasil audit kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai temuan indikasi kerugian negara sebesar Rp334 miliar.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, BPK bisa memberikan hasil auditnya selain ke Polri juga bisa ke lembaga penegak hukum lainnya seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung.

"Ya tergantung BPK mau kasihkan laporan itu ke mana, kalau mau kasihkan laporan ke Polri tentu kita akan siap tindak lanjuti, kalo diserahkan ke KPK ya ke sana, Kejaksaan ya silakan," ujar Badrodin di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (23/6/2015).

Sementara itu mengenai pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pihaknya sudah siap untuk melakukan pengamanan.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini wajar dengan pengeculian (WDP) terhadap laporan keuangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahun 2014.

BPK menemukan adanya penyimpangan pada laporan yang disajikan oleh lembaga  penyelenggara pemilu tersebut, salah satunya berkaitan dana hibah untuk kegiatan pemilihan kepala daerah (pilkada), pileg dan pilpres. 

Selain itu, hibah berupa akses dari pemerintah daerah kepada KPU yang belum dilaporkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

"Selain itu pencatatan dan pelaporan berupa persediaaan gedung dan bangunan serta konstruksi dalam pekerjaan yang belum memadai," ujar Anggota BPK Agung Firman Sampurna saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan KPU Tahun 2014 di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol Jakarta, Rabu 3 Juni 2015.

Temuan lain berupa ketidakpatuhan KPU daerah atas peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan negara.

Badrodin mengatakan selama itu tidak ada penundaan (pilkada) tetap kita sesuai jadwal semula bukan Desember itu kita akan siapkan pengamanan.*** Juanda Sianturi


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved