Headlines News :
Home » » Calon Walikota Pekalongan Mundur Menjelang Pendaftaran

Calon Walikota Pekalongan Mundur Menjelang Pendaftaran

Written By Infobreakingnews on Jumat, 19 Juni 2015 | 12.38


Pekalomgan, infobreakingnews - Menjelang musim Pilkada serentak pada akhir tahun 2015 ini akan banyak terjadi lompatan misterius secara mendadak, termasuk Wali Kota Pekalongan, Baasyir Ahmad akan mengajukan pengunduran diri pada 6 Juli 2015 yang akan datang, dua puluh hari menjelang pendaftaran calon kepala daerah. Namun dia membantah mundur karena menyiapkan sang istri, Balqis Diab menjadi calon Wali Kota Pekalongan periode berikutnya. 

Politisi Partai Golongan Karya itu beralasan mundur tepat di hari semestinya dia mengakhiri masa jabatannya. Baasyir mengaku dilantik menjadi Wali Kota periode pertama pada 6 Juli 2005, dan periode kedua pada 6 Juli 2010. "Sudah semestinya jabatan saya habis pada 6 Juli nanti," kata Baasyir saat berbincang, Jumat (19/6/2015). 

Sesuai dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 302/ KPU/VI/2015 tertanggal 12 Juni 2015, kata Baasyir, dirinya sudah tidak lagi menjadi petahana. "Setelah saya mundur, sesuai surat edaran KPU maka status petahana saya gugur," kata Baasyir. 

Dia membantah bahwa pengunduran dirinya ini terkait dengan kabar majunya sang istri Balqis Diab dalam bursa calon Wali Kota Pekalongan. "Saya tidak pernah terpikirkan menyiapkan istri saya (untuk calon Wali Kota)," kata Baasyir. 

Yang pasti, kata Baasyir, setelah tak jadi petahana, dia memiliki kebebasan untuk mendukung salah satu calon di pemilihan kepala daerah 2015 yang pendaftaran calonnya dimulai pada 26 Juli bulan depan. 

Terkait proses pengunduran dirinya, Baasyir menyerahkan sepenuhnya proses itu kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Gubernur Jawa Tengah, dan Menteri Dalam Negeri. Yang pasti menurut dia, pengunduran diri adalah hak seorang kepala daerah. 

"Mengundurkan diri itu hak saya, kalau tidak diterima ya bagaimana?," kata Baasyir. *** Yohanes Suroso.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved