Headlines News :
Home » » Rehabilitasi BagiPengguna Narkoba, Bukan Lagi Pelanggar Tindak Pidana

Rehabilitasi BagiPengguna Narkoba, Bukan Lagi Pelanggar Tindak Pidana

Written By Infobreakingnews on Jumat, 22 Mei 2015 | 15.23

Tulang Bawang, infobreakingnewsMaraknya peredaran narkoba diwilayah tiga Kabupaten yaitu Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Mesuji menjadi momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat dan khususnya bagi generasi penerus. Sudah banyak masyarakat yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba, namun sampai saat ini para korban penyalahgunaan atau pecandu narkoba yang ada diwilayah hukum Kejari dan Pengadilan Negeri Menggala banyak yang tidak mendapat keadilan sebagai mana yang di atur dalam pasal 54 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, pasalnya hampir rata-rata para pengguna/penyalah guna atau pecandu narkoba masih dikenakan sangsi pidana seperti layaknya pelaku kriminal lainnya padahal mereka adalah korban.

Dari pantauan infobreakingnews di Rutan Kelas llB Menggala Tulang Bawang, para pengguna baik pemula atau yang sudah bertahun-tahun mengkonsumsi barang haram tersebut tidak mendapatkan keadilan sebagaimana yang di atur dalam pasal 54 UU No 35 tahun 2009 Tentang Narkotika. Para korban penyalah guna atau pecandu Narkoba banyak yang dipidana selayaknya pelaku kriminal, ada yang dipidana di atas 2 tahun dan ada pula yang dibawah 1 tahun sehingga hal tersebut kadang kala menjadi perbincangan para narapidana terutama bagi para terpidana pengguna narkoba yang tidak mampu. Dari hasil penelusuran wartawan infobreakingnews diRutan tersebut, para terpidana Narkotika hampir keseluruhan adalah para pengguna/penyalah guna atau pecandu dan mirisnya lagi mereka atau keluarganya banyak yang tidak memahami pasal demi pasal dalam UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika sehingga pada saat divonis oleh majelis hakim para pengguna atau pecandu Narkoba yang tidak mampu tersebut pasrah dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Seperti yang di ungkapkan salah satu pengguna/penyalah guna Narkoba kepada wartawan infobrekingnews yang saat ini sedang menjalani persidangan diPengadilan Negeri Menggala mengatakan dirinya dituntut oleh Jaksa Penutut Umum 23 bulan. Kronologis penangkapan dirinya oleh jajaran anggota Polsek Gedung Aji Lama terjadi pada saat dirinya sedang menggunakan barang haram tersebut dibalai kampung bersama rekan-rekannya yang pada saat itu melarikan diri, kemudian dia dan satu temannya digelandang ke Polres Tulang Bawang.



Menurutnya, karena dari hasil test urine dirinya dan satu temannya positif mengkonsumsi Narkoba jenis sabu maka dirinyapun ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik dan sampai proses berlanjut dipersidangan dan dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum 23 bulan kurungan dipotong masa tahanan. Ia berharap majelis hakim bisa memberikan keringanan yang seringan-ringannya dan dia juga berharap agar ada obat yang bisa membuat dirinya menjauh dari ketergantungan barang haram tersebut. Dirinya sadar kalau apa yang ia lakukan itu merusak ia dan merusak rumah tangganya tapi entah kenapa kerap kali ia ingin menjauh dari mengkonsumsi barang haram tersebut seolah-olah dirinya ditarik bagaikan mahgnit sehingga ia kembali mengkonsumsinya"Pungkasnya. *** Handri
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved