Headlines News :
Home » » Bendungan Katulampa Siaga I, Jakarta Waspada Banjir

Bendungan Katulampa Siaga I, Jakarta Waspada Banjir

Written By Emil Foster Simatupang on Selasa, 15 Januari 2013 | 11.49

Jakarta, Infobreakingnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat tinggi muka air Pintu Air Katulampa sudah mencapai 210 centimeter (cm) pada pukul 07.30.

"Pukul 07.30 WIB tinggi muka air di Bendung Katulampa mencapai 210 cm. Artinya, debit Sungai Ciliwung hulu sudah di posisi Siaga I atau tingkat siaga tertinggi," kata Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Selasa (15/1/2013).


Artinya, Pintu Air Katulampa sudah memasuki status Siaga I yang mengancam empat wilayah di DKI Jakarta terancam banjir. Keempat wilayah tersebut adalah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menerangkan pada pukul 07.30 tinggi muka air di Pintu Air Katulampa mencapai 210 cm. Artinya debit sungai Ciliwung Hulu sudah posisi Siaga I atau tingkat siaga tertinggi.


“Batasan Siaga I adalah lebih dari 200 cm. Dengan kondisi level siaga tertinggi ini maka kewenangan pengendalianya langsung menjadi kewenangan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU,” kata Sutopo.

Diperkirakan pukul 18.00-19.00 WIB banjir akan menggenangi wilayah sekitar Sungai Ciliwung dengan tinggi banjir lebih tinggi dibandingkan Desember 2012 dan sebelumnya selama 2013.

Wilayah yang berpotensi tergenang banjir ada di kawasan Jakarta Timur yaitu Kelurahan Cililitan, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu, dan Kebon Manggis. Lalu di Jakarta Selatan, kelurahan yang berpotensi banjir adalah Kelurahan Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Kebon Baru dan Bukit Duri.


Kelurahan berpotensi banjir di Jakarta Pusat ada di Kelurahan Cikini, Petamburan dan Cideng. Serta di Jakarta Barat, warga di Kelurahan Duri Kosambi, Rawa Buaya, Kedoya Utara dan Cengkareng harus siap siaga menghadapi banjir.*** James Donald
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

gif maker

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved